Sahabat Ibu Indonesia yang terbentuk semenjak tahun 2012 dibuat untuk mendukung para ibu di Indonesia dan beranggotakan sejumlah sosok inspiratif didalamnya diantaranya Dr.Ir.Penny K.Lukito, MCP sebagai Pelindung, Eveline E.Soekotjo sebagai Pemrakarsa dan Pendiri, Suzy Hutomo sebagai Pendukung dan Pembina serta Ayu Dyah Pasha sebagai Penggerak. Sahabat Ibu Expo 2016 diselenggarakan oleh Sahabat Ibu Indonesia dalam rangka perayaan Hari Ibu dan berlangsung pada 22-24 Desember 2016 kemudian di FX Sudirman, Jakarta. Penyelenggaraan Sahabat Ibu Expo 2016 didukung oleh Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Tarian Betawi “Lenggang Nyai” dari Yayasan Bentara Budaya Indonesia membuka dan menghibur tamu ajakan dan komunitas yang hadir dalam program pelantikan pembukaan Sahabat Ibu Expo 2016 pada Kamis, 22 Desember 2016 yang bertepatan dengan Hari Ibu. Eveline E. Soekotjo memperlihatkan sambutannya ketika itu dan menuturkan bahwa tugas Ibu dalam kehidupan dan keluarga yaitu sebagai pendukung yang harus bisa mengayomi dan menyebutkan enreach people yang diperlukan semakin banyak Ibu yang mempunyai pengetahuan yang baik sehingga semakin banyak Ibu informatif menghasilkan keluarga sehat dan cerdas di Indonesia
Sahabat Ibu Indonesia diyakini bisa menjadi wadah yang memperlihatkan informasi seputar pangan dan lingkungan yang kondusif yang sejalan dengan prinsip yang dimiliki oleh The Body Shop yang juga menjadi pendukung dalam Sahabat Ibu Expo 2016. Apresiasi diberikan oleh Sahabat Ibu Indonesia kepada para pendukung Sahabat Ibu Expo 2106, antara lain kepada The Body Shop Indonesia yang diterima oleh Ario Widiwardhono selaku CEO The Body Shop Indonesia, Michielle Putra selaku owner Loobloo, Sari Husada “Generasi Mahardika” oleh Aghnia Kartika selaku External Communication Coordinator Danone Indonesia, Galenium Pharmasta, Tupperware Indonesia, All Kurma, dan Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA).
Apresiasi juga diberikan kepada media yang sudah berperan aktif menginformasikan ihwal Sahabat Ibu Expo 2016. Tak usang kemudian program dilanjutkan dengan Pengucapan Deklarasi Sahabat Ibu Indonesia bersama 9 komunitas Ibu yang bergabung dengan Sahabat Ibu Indonesia. Pengucapan Deklarasi Sahabat Ibu Indonesia dipimpin oleh Ayu Dyah Pasha yang diikuti oleh 9 perwakilan komunitas. Dari 9 komunitas yang maju, ada 2 wajah yang kukenal sosoknya yaitu Elisa Koraag dari Blogger Cihuy dan Fiki Maulani dari Wajah Bunda Indonesia. Selain pengucapan deklarasi, Ayu Dyah Pasha bersama 9 perwakilan komunitas ibu melaksanakan sesi tanda tangan bersama sebagai tanda janji kebersamaan untuk menjadi Ibu yang lebih sehat, cerdas dan manis sesuai dengan moto Sahabat Ibu Indonesia.
Selama ini ternyata Sahabat Ibu Indonesia sudah menyelenggarakan edukasi dan kampanye yang berlanjutan yang pada kesudahannya berhasil mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan MURI kepada Sahabat Ibu Indonesia diberikan pribadi oleh CEO dan Penggagas MURI yaitu Jaya Suprana. Sahabat Ibu Indonesia mendapat penghargaan MURI untuk kategori Edukasi Konsumsi Aman untuk Kaum Ibu Berkelanjutan. Komitmen untuk mendukung pengetahuan para ibu ihwal pangan yang kondusif dan sehat menjadi perhatian Sahabat Ibu Indonesia. Patut diacungi jempol atas kampanye edukasi dan janji serta perhatian Sahabat Ibu Indonesia untuk para ibu di Indonesia.
Inside Sahabat Ibu Expo 2016
Selama tiga (3) hari Sahabat Ibu Expo 2016 ini ada banyak sekali macam talkshow. Sempat kulihat sosok Yenny Wahid (anak dari Gus Dur) menjadi pembicara pada talkshow Manajemen Keluarga di hari pertama Sahabat Ibu Expo 2016. Bagi Yenny Wahid yang tidak bisa memasak tetap berusaha memastikan gizi keluarganya terpenuhi. “Human resources, support system, dan control system menjadi pegangan saya dalam administrasi keluarga serta tidak melupakan quality time bersama pasangan,” tegas Yenny Wahid.
Dalam Sahabat Ibu Expo 2016 juga ada Klinik Konsumen bersama Badan POM RI, Coaching Clinic UMKM Badan POM RI, Kontes Poster Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA) sebanyak 21 besar poster finalis dari mahasiswa creative course IDEA, beauty class bersama The Body Shop Indonesia, banyak sekali talkshow, dan bazar booth pendukung Sahabat Ibu Expo 2106.
Di booth Badan POM terdapat games edukatif untuk menguji pengetahuan kita seputar kosmetika dan bahan-bahan yang kondusif atau yang tidak boleh untuk dikonsumsi. Aku sempat mencobanya dan ternyata cukup memalukan alasannya yaitu ternyata pengetahuan masih minim, khususnya di istilah-istilah bahan. Meski begitu Badan POM memperlihatkan souvenir berupa pin dan kipas. Di sebelah booth Badan POM terdapat booth Sahabat Ibu Indonesia yang mengajak pengunjung untuk menuliskan kepada ibu melalui post it warna-warni yang ditempelkan di papan “Makna Hari Ibu Bagi Sahabat Ibu”. Ada sekitar 15an booth yang turut berpartisipasi dalam Sahabat Ibu Expo 2016. Sempat kulihat juga ada booth Sobat Budaya, All Kurma, The Body Shop dan lainnya.
Beauty Class bersama The Body Shop Indonesia
Di hari ketiga sempurna tanggal 24 Desember 2016 saya sempat mengikuti Beauty Class The Body Shop dalam Sahabat Ibu Expo 2016. Aku mendapat kesempatan ini bersama dengan komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI). Lain halnya ketika pembukaan pelantikan Sahabat Ibu Expo 2016 saya hadir bersama Blogger Reporter ID (BRID) dan mengikuti rangkaian program hari pertama bersama Blogger Cihuy hingga selesai alasannya yaitu banyak ilmu yang bisa diperoleh.
Pada beauty class bersama The Body Shop di hari terakhir (24 Desember 2016) ini terbatas, hanya 50 akseptor yang terdaftar yang bisa mengikutinya. Diatas meja beralas kain hitam sudah disiapkan sebuah cermin dan rangkaian skin care serta kosmetik dari The Body Shop. Beautician berjulukan Daris dan Cherry yang memandu peserta, Daris yang berada di atas panggung bersama salah satu akseptor yang dibuat demo dan Cherry berada akrab meja akseptor lainnya untuk membantu menjelaskan ulang yang dilakukan oleh Daris diatas panggung.
Treatment pertama yang dilakukan yaitu pencucian wajah mulai dari mata, wajah dan bibir. Dilanjutkan dengan derma serum dan oils of live yang bisa melembabkan kulit wajah. Setelah itu sesi make up dimulai, mulai dari penggunaan foundation dengan kuas, menghiasi mata dengan eye shadow dan eye liner serta maskara hingga blush on dan ditutup dengan lipstik. Semua treatment tersebut dilakukan dengan produk dari The Body Shop. Harga yang cukup terbilang tidak murah dari produk The Body Shop bahwasanya sesuai dengan kualitasnya. Para akseptor beauty class The Body Shop sangat puas dengan hasilnya alasannya yaitu mereka mendapat banyak tips kecantikan yang bisa diterapkan sendiri dirumah.
Beauty class dari The Body Shop menjadi program terakhir dari Sahabat Ibu Expo 2016 yang ditutup oleh Eveline E. Sukotjo yang juga menjadi pecahan dari The Body Shop Indonesia. Acara selama tiga (3) hari berlangsung lancar dan banyak pesertanya yang bahwasanya enggan untuk beranjak dari satu program ke program yang lain. Dalam sehari saja banyak informasi yang bisa didapatkan apalagi dalam 3 hari ditambah booth-booth pendukung yang sangat informatif. Semoga di tahun 2017 Sahabat Ibu Expo tetap ada dan menjadi lebih baik serta tak lelah untuk mengedukasi para Ibu. -RGP-
Advertisement