-->

Buku Siswa Ppkn Kelas Vii Kurikulum 2013 Revisi 2017 Versi Ms. Word

Buku Siswa Ppkn Kelas Vii Kurikulum 2013 Revisi 2017 Versi Ms. Word
Buku Siswa Ppkn Kelas Vii Kurikulum 2013 Revisi 2017 Versi Ms. Word

Disklaimer: Buku ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari banyak sekali kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id dibutuhkan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.

Kata Pengantar

Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang mempunyai keimanan dan sopan santun mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga sanggup berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh meliputi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis acara terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang dibutuhkan sanggup mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan faktual yang bisa dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan besar hati sebagai bangsa Indonesia.

Buku ini menjabarkan perjuangan yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber berguru lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting, guru sanggup memperkaya dengan kreasi dalam banyak sekali bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah mendapat jawaban yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun aliran 2016/2017 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan dari edisi pertama dan edisi kedua. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh alasannya ialah itu, kami mengundang para pembaca menunjukkan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan, serta penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).


A Maksud dan Tujuan Buku Guru
Maksud dan tujuan disusunnya buku guru ialah sebagai berikut.
  1. Memfasilitasi para Guru PPKn dalam membangun persepsi dan sikap positif terhadap mata pelajaran PPKn sesuai dengan ide, regulasi, karakteristik psikologis-pedagogis, dan fungsinya dalam konteks sistem pendidikan nasional.
  2. Memahami secara utuh dan menyeluruh karakteristik PPKn Kurikulum 2013 sebagai landasan membangun contoh sikap dan contoh sikap profesional sebagai guru PPKn.
  3. Memfasilitasi tumbuhnya kompetensi guru PPKn untuk mewujudkan pem- belajaran yang berkualitas dan bisa membuatkan budaya kewarga- negaraan di lingkungan satuan pendidikan dan lingkungan sosial-budaya akseptor didik.
  4. Mengembangkan diri sebagai guru PPKn yang profesional dan dinamis dalam menyikapi dan memecahkan masalah-masalah mudah terkait visi dan misi mata pelajaran PPKn di lingkungan satuan pendidikan.
Untuk mempermudah para Guru mendapat Buku Guru PPKn Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 saya menyajikan BUKU GURU PPKn Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 VERSI MS. WORD.
Kenapa saya Sajikan dalam bentuk MS. WORD? 
Jawabannya ialah dengan versi MS. WORD guru gampang untuk merangkum tanpa harus mengetik kembali sebagai materi didik dalam kegiatan pembelajaran dikelas.

Semoga bermanfaat dan membantu Guru dalam mensukseskan dan mencerdaskan anak bangsa. 

Untuk mendapat BUKU GURU PPKn Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 VERSI MS. WORD silahkan download pada Tanda Panah 4 arah pada pojok kanan atas preview buku dibawah ini. 

Advertisement