- Sebagaimana dijelaskan dalam Permendikbud No 146 Tahun 2014 perihal Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pasal 1 disebutkan bahwa “Pendidikan Anak Usia Dini, yang selanjutnya disingkat PAUD, merupakan suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui tunjangan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.
Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dirancang dengan karakteristik sebagai berikut: 1. mengoptimalkan perkembangan anak yang meliputi: aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan seni yang tercermin dalam keseimbangan kompetensi sikap, pengetahun, dan keterampilan; 2. memakai pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam tunjangan rangsangan pendidikan; 3. memakai evaluasi autentik dalam memantau perkembangan anak; dan 4. memberdayakan tugas orang renta dalam proses pembelajaran.
Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong berkembangnya potensi anak biar mempunyai kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang paling mendasar sebab perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh aneka macam stimulasi bermakna yang diberikan semenjak usia dini. Awal kehidupan anak merupakan masa yang paling sempurna dalam menunjukkan dorongan atau upaya pengembangan biar anak sanggup berkembang secara optimal. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pelatihan yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani biar anak mempunyai kesiapan berguru dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Undang-undang ini mengamanatkan bahwa pendidikan harus dipersiapkan secara berkala dan bersifat holistik sebagai dasar anak memasuki pendidikan lebih lanjut. Masa usia dini ialah masa emas perkembangan anak dimana semua aspek perkembangan sanggup dengan gampang distimulasi. Periode emas ini hanya berlangsung satu kali sepanjang rentang kehidupan manusia. Oleh sebab itu, pada masa usia dini perlu dilakukan upaya pengembangan menyeluruh yang melibatkan aspek pengasuhan, kesehatan, pendidikan, dan perlindungan.
Lembar Penilaian Perkembangan Harian TK/RA Tahun 2019
Sobat , berikut adalah Lembar Penilaian Perkembangan Harian TK/RA Tahun 2019 yang sanggup teman unduh melalui tautan berikut ini:
- Lembar Penilaian Perkembangan Harian TK/RA Tahun 2019 Unduh
- Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD Unduh
- Sosialisasi Penilaian PAUD Unduh
Demikianlah info tentang Lembar Penilaian Perkembangan Harian TK/RA Tahun 2019, semoga ada guna dan manfaatnya.
Advertisement