"Hanya orang- orang terbaiklah yang terpilih menjadi guru. Baru menentukan profesi lainnya. Persoalan utama guru madrasah yakni upaya yang sungguh- sungguh dalam mencetak Guru Profesional. Pertanyaan yang harus dijawab yakni " How To Be An Amazing Teacher? Bagaimana mencetak Guru yang hebat. Terdapat beberapa syarat untuk melahirkan guru hebat, sebagai berikut: 1. Passion. Semangat dan gairah. Antusiasme. Passion sangat menentukan karier seorang guru. Guru yang mempunyai passion akan melahirkan penerima didik yang bersemangat. Guru yang berdedikasi yang tinggi akan melahirkan kinerja yang baik. Proses pembelajaran berkualitas. 2. Kompetensi dan kualifikasi Expertise. Seorang guru harus mempunyai bidang keahlian. Mereka harus menjadi guru profesional. Hal yang terkait dengan kompetensi yakni kualifikasi pendidikan seorang guru. Guru- guru yang belum berkualifikasi sarjana harus menempuh pendidikan sarjana. Kesarjanaan seorang guru akan berbanding lurus dengan penguasaan bahan pembelajaran yang akan berujung pada kualitas proses pembelajaran dalam kelas. Guru yang menyandang gelar sarjana, sejatinya mempunyai kemampuan berpikir logik dan sistematis. Dengan cara berpokir logik inilah yang akan membawa penerima didik menjadi berkualiats tinggi. 3. Komunikatif Salah satu kiprah utama guru yakni mentransfer ilmu. Pola komunikasi seorang guru juga sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Seorang guru lohai dan akil melempar jok dan humor pada dikala yang tepat. Sehingga para penerima didiknya tidak bosan mendapatkan bahan pelajaran. Pola komunikasi sangat penting dijuasai oleh seorang guru. Selanjutnya, guru juga berkewajiban untuk mentransfer nilai- nilai luhur kepada murid- muridnya. Tugas mulia guru sudah barang tentu harus dibarengi dengan kepiawaian komunikasi. Mentransfer nilai- nilai luhur atau apa pun namanya bukanlah kasus mudah. Seorang guru dituntut keahlian khusus untuk kiprah yang satu ini. Dan tentu, guru tersebut harus mempunyai keteladanan dan integritas. Sekali lagi, selera humor juga menentukan dalam kiprah yang satu ini. Agar penerima didik tertarik untuk mencerap pandangan gres pokok sang pendidik. Biasanya untuk mengubah suatu komunitas, membaca novel juga penting. Sebab, dalam novel itu karatkter insan dan liku- liku kehidupan. Pernik- pernik kehidupan insan biasanya termaktub dalam novel. Penanaman abjad sebagai knowledge biasanya lebih muda melalui novel. Sebab, karya atau buku- buku novel bisa menggiring pembacanya untuk mengetahui abjad tokoh- tokoh yang diceritakan dalam novel itu. Karya komik bagi anak- anak sekolah dasar juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk penanaman abjad baik. Ada beberapa penelitian yang telah mengambarkan bahwa untuk mengubah abjad sebuah bangsa dimulai dari penulisan komik- komik yang secara massif didistribusikan kepada penerima didiknya. Mulai pada kelas play group hingga siswa sekolah dasar dan menengah pertama. Dalam komiklah depan plot ceritanya bisa memengaruhi si pembaca komik. Komik itu mudah, ringkas dan menyenagkan. Sekarang kita bisa lihat karya- karya komik dari Jepang dan Korea Selatan. Menurut Chambert Loir dalam buku Sadur Terjemahan Karya Sastra Melayu di Indonesia dan Malaysia bahwa penerjemahan karya novel dan komik Jepang menempati posisi kedua sesudah bahasa Inggeris. Penerjemahan karya- karya berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia menempati peringkat ketiga. Bangsa Jepang dan Korea Selatan yakni dua bangsa maju dalam bidang ekonomi dan teknologi. Mereka bisa memengaruhi masyarakatnya menuju bangsa yang maju. Dan kini kedua negara ini meluaskan pengaruhnya kepada bangsa- bangsa lain termasuk daerah ASEAN, salah satunya Indonesia. Hampir semua toko buku mirip Gramedia, semuanya mejajakan buku- buku komik Jepang dan Korea Selatan. Secara pelan- pelan, kedua bangsa ini mendeklarasikan diri sebagai bangsa yang unggul. 4. Empati Seorang guru hebat harus berempati kepada murid- muridnya. Dia harus mengerti kesulitan atau persoalan dan tantangan yang sedang dihadapi murid- muridnya. Masalah keluarga, kesulitan dalam mencar ilmu dan masalah- persoalan keseharian lainnya haruslah dimengerti oleh seorang guru. Sekarang ini tantangan sebagai seorang guru profesional tidaklah muda. 5. Memberdayakan Guru juga bertugas untuk memberdayakan potensi penerima didiknya. Mereka harus mengerti bakat dan bakat murid- muridnya. Pertanyaan yang harus segera dijawab yakni what do students really want from their teacher? Guru bijak harus bisa dan mau mendengar bunyi aktual dan negatif murid- muridnya. Guru harus terlebih dahulu membangun hubungan yang baik dengan para penerima didiknya. Guru mirip kapten dan nakhoda kapal. Dalam berlayar kapal terkadang oleng oleh ombak. Di situlah fungsi sang nakhoda. Nakhoda harus dengan sempurna mengambil keputusan pada situasi sulit. Sang nakhoda juga harus sempurna menentukan arah biar kapal tidak tersesat di samudera. Sang nakhoda harus menguasai ilmu perihal cuaca dan ancaman dalam melaut.
Advertisement