-->

Cara Kerja Planetary Gear Unit Pada Transmisi Otomatis

Cara Kerja Planetary Gear Unit Pada Transmisi Otomatis
Cara Kerja Planetary Gear Unit Pada Transmisi Otomatis
Transmisi merupakan bab dari komponen sistem pemindah tenaga (drive train system) yang berfungsi untuk merubah-ubah atau memvariasi kecepatan dan torsi yang dihasilkan oleh mesin sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan.

Salah satu tipe dari transmisi otomatis yaitu transmisi dengan kombinasi roda gigi planetary. Transmisi otomatis dengan roda gigi planetary sangat jauh berbeda dengan transmisi manual.

Komponen-komponen transmisi otomatis ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu :
  1. Torque converter
  2. Planetary gear unit
  3. Hydraulic control unit

Pada planetary gear unit terdapat  beberapa komponen utama yaitu sun gear, planetary gear (pinion gear) dan ring gear, untuk susunan roda gigi planetary unit atau planetary gear set sanggup dilihat pada gambar di bawah ini :

Untuk merubah atau memvariasi kecepatan dan torsi pada transmisi otomatis tipe planetary gear unit maka ada bab yang berfungsi sebagai pelopor (drive) atau input, ada bab yang berfungsi sebagai yang digerakkan (driven) atau output dan ada bab yang ditahan atau stasionary. Adapun cara kerja pada planetary gear unit untuk memvariasi kecepatan dan torsi antara lain :

Perlambatan atau deselerasi
Power input yaitu ring gear
Power output yaitu planetary carrier
Stasionary yaitu sun gear

Ketika sun gear ditahan atau stasioner dan ring gear diputar maka planetary gear yang berputar. Pada ketika ini putaran antara ring gear dan planetary gear menjadi searah dan poros output akan mengurangi kecepatannya (perlambatan) semoga sepadan dengan putaran poros input hanya dengan putaran planetary gear.

Percepatan atau akselerasi
Power input yaitu planetary carrier
Power output yaitu ring gear
Stasionary yaitu sun gear

Ketika sun gear ditahan dan planetary carrier diputar maka planetary gear juga akan berputar mengeliling. Pada ketika ini putaran antara ring gear dan planetary gear menjadi searah serta akan menyebabkan putaran poros output menjadi lebih cepat.

Direct coupling
Power input yaitu sun gear, ring gear
Power output yaitu planetary carrier

Ring gear dan sun gear terhubung lalu keduanya berputar gotong royong sehingga planetary gear akan ikut berputar dengan arah yang sama dan kecepatan putaran antara ring gear dengan planetary carrier sama.

Mundur atau reverse rotation
Power input yaitu sun gear
Power output yaitu ring gear
Stasionary yaitu planetary carrier

Ketika planetary carrier ditahan dan  sun gear diputar maka ring gear akan berputar dengan arak yang berkebalikkan dengan arah putaran sun gear. Pada ketika ini sun gear berfungsi sebagai input dan ring gear sebagai output. Karena perbandingan ratio roda gigi antara ring gear dengan sun gear lebih besar ring gearnya maka kecepatan putaran akan direduksi atau diperlambat (ring gear berputar lebih lambat dari pada sun gear)
Advertisement