-->

[Info] Waspada Gangguan Tiroid, Indonesia Peringkat 1 Gangguan Tiroid Seasia Tenggara

[Info] Waspada Gangguan Tiroid, Indonesia Peringkat 1 Gangguan Tiroid Seasia Tenggara
[Info] Waspada Gangguan Tiroid, Indonesia Peringkat 1 Gangguan Tiroid Seasia Tenggara

Indonesia Peringkat 1 Gangguan Tiroid Seasia Tenggara
doc.pribadi
Dalam rangka Pekan Kesadaran Tiroid Internasional, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan PT Merck Tbk., menyelenggarakan Seminar Publik sehari pada Selasa (24/6) lalu. Seminarnya mengambil tema “Waspada Gangguan Tiroid”, bertempat di Hotel Grand Cempaka, Jakarta dan dihadiri oleh blogger, komunitas PITA TOSCA untuk pejuang tiroid, serta dari staf layanan kesehatan masyarakat.

Waspada Gangguan Tiroid
dr.Lily S.S  - doc.pribadi

Dalam aktivitas ini, saya dari blogger benar-benar mendapat banyak informasi  mengenai hormon tiroid. Yang mencengangkan ternyata Indonesia peringkat pertama untuk gangguan tiroid seAsia Tenggara, menyerupai disampaikan oleh dr.Lily S. Sulistyowati sebagai Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes. Disebutkan juga bahwa kelainan kelenjar tiroid merupakan kelainan kelainan endokrin terbesar kedua sesudah diabetes melitus.




PENGERTIAN TIROID

Kelenjar tiroid yaitu kelenjar endokrin yang berbentuk kupu-kupu di kepingan depan leher dibawah jakun letaknya (di kepingan tengah bawah leher). Hormon tiroid berfungsi mengontrol proses metabolisme dalam tubuh dan berasal dari yodium yang kita konsumsi.  Selain itu juga hormon tiroid memacu pembentukan kalori, meningkatkan curah jntung, metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Menurut dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp(A)K, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) hormon tiroid berperan penting untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang. Gangguan tiroid sanggup menjadikan gangguan tumbuh kembang dan gangguan sikap pada anak-anak. Gangguan kelenjar tiroid Hipotiroid Kongenital sanggup terjadi semenjak lahir dan sanggup menjadikan kelainan retardasi mental pada bayi gres lahir.

SKRINING HIPOTIROID KONGENITAL UNTUK BAYI
Deteksi dini bayi skrining hipotiroid kongenital (SHK) untuk bayi yang gres lahir paling baik yaitu pada masa gold circle skrining yaitu dalam waktu 48-72 jam sesudah bayi lahir atau sebelum bayi gres pulang. Prosesnya dengan mengambil sedikit darah bayi dari tumit bayi kemudian diteteskan di atas kertas saring khusus, dikeringkan kemudian bercak darah dikirim ke laboratorium. Di laboratorim kadar hormon TSH diukur dan balasannya dapat diketahui dalam waktu kurang dari 1 minggu. Bila hasil tes tidak normal, bayi akan diperiksa oleh Tim Konsultan Program Skrining Bayi Baru Lahir. Skrining HK telah merupakan mekanisme rutin di Negara maju semenjak tahun 1970 an. Di Indonesia gres dilaksanakan sejak tahun 2000 dan hingga tahun 2014, gres diskrining kurang dari 1% dari jumlah seluruh bayi gres lahir



 Laboratorium yang sudah ditunjuk oleh SHK yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta dan Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin (RSHS) di Bandung. Kedua rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit acuan untuk investigasi SHK dalam meneliti kertas saring yang dibawa.

Bayi yang sudah ditetapkan menderita HK, segera diberi  pengobatan dengan  pengganti hormon tiroid yaitu berupa tablet tiroksin yang sanggup digerus kemudiaan dicampur ASI atau air diberikan satu kali sehari. Khasiat obat sama menyerupai hormon yang dihasilkan oleh kelenjar gondok. Obat tiroksin gampang didapat dan gampang pemberiannya, harga obat tidak mahal.

doc.pribadi
Gejala hipotiroid konginetal yang sanggup terlihat terperinci pada bayi yaitu berhidung pesek, lidahnya besar, memiliki wajah yang khas, konstipasi, kuning, bodong (ikterus), kulit kering, burik, ubun-ubun melebar, perut buncit, wajah sembab, dan susah menelan. Ditemukan fenomena Kretin di Jawa yang menjadikan 5-30% kerusakan otak dan 30-70% beresiko kurang energi pada hipotiroid.

Deteksi dini diperlukan  untuk mengetahui lebih awal adanya gangguan tiroid pada anak. Karena jikalau tidak terdeteksi dini sanggup besar lengan berkuasa terhadap pertumbuhan anak dan perkembangan otak anak. Iklaskan tumit bayi Anda untuk diperiksa investigasi dini SHK supaya tidak menyesal atau ingatkan pihak layanan kesehatan untuk melaksanakan deteksi SHK.

PERATURAN SHK
Tidak perlu takut sebab semua sudah diatur dalam UU no.23 pasal 8, 44 dan 46 yaitu dasar aturan untuk melaksanakan skrining hipotiroid kongenital (SHK) sesuai standarnya. Arah kebijakan SHK yaitu meningkatkan kanal dan investigasi dini yang merata. Program SHK terintegrasi dengan aktivitas imunisasi. Selain itu dalam Permenkes no.25 tahun 2004 pasal 6 dan 7, serta Permenkes no.78 tahun 2014 juga mengatur perihal SHK. Isi Permenkes no.25 Tahun 2014 perihal Upaya Kesehatan Anak pasal 16 : Skrining Bayi Baru Lahir dilakukan thd setiap Bayi Baru Lahir oleh nakes 4 5 Undang-Undang Dasar 1945.

Di seluruh dunia prevalensi hipotiroid kongenital yaitu 1 banding 3000 (1:3000) dari 5 juta bayi yang gres lahir, maka terdapat lebih dari 1600 bayi dengan hipotiroid kongenital per tahunnya.Prevalensi hipertiroid pada anak berusia dibawah 15 tahun yaitu 8 banding 1juta (8:1.000.000) dan untuk anak usia kurang dari 4 tahun yaitu 1 banding 1 juta (1:1.000.000).

JENIS GANGGUAN TIROID
Dr. Imam Subekti, SpPD, KEMD dari Divisi Metabolik Endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo memberikan bahwa gangguan tiroid ada dua macam, yaitu Hipotiroid dan Hipertiroid yang sanggup terjadi pada belum dewasa maupun orang dewasa. Hipotiroid yaitu kondisi saat kelenjar tiroid kurang aktif  sehingga tidak menghasilkan  hormon tiroid yang ckup untuk menjaga metabolisme tubuh. Hipertiroid yaitu kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.Berikut gejalanya pada anak.
gejala hipotiroid pada anak - doc.pribadi

gejala hipertiroid pada anak - doc.pribadi
 Pada orang cukup umur waspadai benjolan di leher yang disertai demam dan susah bernafas. Segera periksakan diri. Selain itu gejalanya pada orang cukup umur yaitu berikut:
doc.pribadi

doc.pribadi
Selain hipotiroid dan hipertiroid, ada juga gangguan tiroid yang disebut Hipotiroid Autoimun yaitu kondisi dimana imun tubuh menganggap kelenjar tiroid mengancam tubuh sehingga sistem imun mengeluarkan antibodi yang menyerang kelenjar tiroid.

Periksakan diri jikalau merasa ada benjolan dileher, tubuh terasa demam dan susah bernafas. Gangguan kelenjar tiroid tidak hanya membesar keluar, tetapi sanggup juga kedalam dan kebelakang. Pemeriksaan fisik tiroid dilakukan dengan menyelidiki kepingan sekitar leher dari depan dan belakang, ukuran benjolan, pergerakan benjolan, nyeri, keras atau kenyalnya benjolan. Pemeriksaan USG, TSH, dan FT4 yaitu jenis hormon yang diperiksa untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan tiroid.

Pada usia cukup umur apabila penyakit tiroid tidak terdiagnosa sanggup menimbulkan resiko gangguan kesehatan yang serius menyerupai cardiovascular, osteoporosis dan infertilitas. Pada ibu hamil sanggup menimbulkan keguguran, kelahiran prematur, dan lahir mati. Ibu hamil pun perlu memperhatinkan asupan iodium supaya tidak GAKI: Gangguan Akibat Kekurangan Iodium. Wanita 10x lebih rentan terkena hipotiroid dibandingkan laki-laki, yang merokok, yang gampang stress dan kekurangan iodium khususnya.


Kemenkes menyarankan CERDIK: cek kesehatan berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin Aktifitas, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kurangi stress untuk hidup sehat.-RGP-

Advertisement