-->

Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini ()?

Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini ()?
Pentigkah Pendidikan Anak Usia Dini ()?
Pendidikan anak usia dini () merupakan tingkat pendidikan sebelum menuju tingkat pendidikan sekolah dasar (SD). merupakan suatu upaya pelatihan yang ditujukan bagi anak semenjak lahir hingga dengan usia lima hingga enam tahun. Pendidikan Anak Usia Dini dilakukan melalui proteksi rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan Serta perkembangan jasmani dan rohani biar anak yang masih di usia dini mempunyai kesiapan dan kecakapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan dalam tingkat ini bisa diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.



Mengapa pendidikan anak usia dini itu penting? Ya, alasannya masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan dan mendapat pembelajaran yang berarti.

Berdasarkan hasil penelitian, sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang berilmu balig cukup akal telah terjadi dikala anak berumur 4 tahun, 80% telah terjadi dikala berumur 8 tahun, dan mencapai titik kulminasi dikala anak berumur sekitar 18 tahun.

Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama, sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Coba anda bayangkan bagaimana pentingnya masa perkembangan anak anda di usia mereka yang masih dini.

Periode emas ini merupakan periode kritis bagi anak, dimana perkembangan yang diperoleh pada periode ini sangat kuat terhadap perkembangan periode berikutnya, hingga masa dewasa. Pahami, masa emas ini hanya tiba sekali! Apabila terlewat, berarti habis sudah peluang Anda.

Oleh alasannya itu, pendidikan anak usia dini () dalam bentuk proteksi rangsangan-rangsangan (stimulasi) dari lingkungan terdekat sangat diharapkan untuk mengoptimalkan kemampuan anak.

Singkatnya, pendidikan anak usia dini () merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan sikap serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Selain klarifikasi perihal pentingnya pendidikan di usia dini dalam pembentukan fisik kordinasi motorik, kecerdasan anak serta pembentukan sikap dan sikap anak sebagaimana yang diuraikan di atas, mungkin bagi pendidik perlu mengetahui manfaat dan tujuan dari pendidikan anak usia dini (), serta macam-macam forum pendidikan yang bisa dijadikan kawasan berguru bagi anak. Selengkapnya bisa anda review di sini.


paud, anak, usia dini, pendidikan anak usia dini, sekolah, taman kanak-kanak, Pentingkah Pendidikan Anak Usia Dini ()?
Advertisement