-->

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini
Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini
Selengkapnya klik disini). Anda perlu mengetahui wacana pertumbuhan dan perkembangan anak anda. Seringkali kita mendengar istilah pertumbuhan dan perkembangan. apakah kedua istilah tersebut mempunyai kesamaan arti atau malah berbeda. Untuk memahami lebih dalam wacana istilah pertumbuhan dan perkembangan anak pribadi saja kita menuju pembahasan di bawah ini.


Istilah pertumbuhan dan perkembangan seringkali dipergunakan seperti keduanya mempunyai pengertian yang sama, alasannya menerangkan adanya suatu proses perubahan tertentu yang mengarah kepada kemajuan. Padahal gotong royong istilah pertumbuhan dan perkembangan ini mempunyai pengertian yang berbeda.

Pertumbuhan sanggup diartikan sebagai perubahan yang bersifat kuantitatif, sebagai akhir dari adanya imbas luar atau lingkungan. Pertumbuhan mengandung arti adanya perubahan alam ukuran dan struktur tubuh sehingga lebih banyak menyangkut perubahan fisik.

Selain dari pengertian di atas, pertumbuhan sanggup didefinisikan pula sebagai perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada diri individu yang sehat dalam fase-fase tertentu. Hasil dari pertumbuhan ini berupa bertambah panjang tulang-tulang terutama lengan dan tungkai, bertambah tinggi dan berat tubuh serta makin bertambah sempurnanya susunan tulang dan jaringan syaraf. Pertumbuhan ini akan terhenti sesudah adanya maturasi atau kematangan pada diri individu.

Berbeda dengan pertumbuhan, perkembangan ialah suatu perubahan fungsional yang bersifat kualitatif, baik dari fungsi-fungsi fisik maupun mental sebagai hasil keterkaitannya dengan imbas lingkungan.

Perkembangan sanggup juga dikatakan sebagai suatu urutan-urutan perubahan yang bersifat sistematis, dalam arti saling kebergantungan atau saling mensugesti antara aspek-aspek fisik dan psikis dan merupakan satu kesatuan yang harmonis. Contoh,. anak diperkenalkan bagaimana cara memegang pensil, menciptakan huruf-huruf dan diberi latihan oleh orang tuanya. Kemampuan berguru menulis akan gampang dan cepat dikuasai anak apabila proses latihan diberikan pada dikala otot-ototnya telah tumbuh dengan sempurna, dan dikala untuk memahami bentuk abjad telah diperoleh.

Dengan demikian anak akan bisa memegang pensil dan membaca bentuk huruf. Selain itu perubahan juga bersifat progresif, yang berarti bahwa perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat dan mendalam baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Contoh, perubahan pengetahuan dan kemampuan anak dari yang bersifat sederhana berkembang ke arah yang lebih kompleks Berkesinambungan merupakan ciri lain dari perubahan yang terjadi, artinya perubahan itu berlangsung secara beraturan atau berurutan, tidak bersifat meloncat loncat atau alasannya unsur kebetulan. Contoh, biar anak bisa berlari maka sebelumnya anak harus bisa berdiri dan merangkak terlebih dahulu.

Melalui berguru anak akan berkembang, dan akan bisa mempelajari hal-hal yang baru. Perkembangan akan dicapai alasannya adanya proses belajar, sehingga anak memperoleh pengalaman gres dan menjadikan sikap baru.

Dari uraian pengertian perkembangan di atas perlu disadari bahwa pertumbuhan fisik mensugesti perkembangan psikis individu, alasannya pada suatu dikala tertentu kedua istilah ini sanggup dipakai secara bersamaan. Dengan kata lain, perkembangan merupakan hasil dari pertumbuhan, pematangan fungsi-fungsi fisik, pematangan fungsi-fungsi psikis dan perjuangan belajar.

Dari uraian di atas kita bisa mengetahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak mempunyai pengertian yang berbeda tetapi mempunyai kesinambungan makna dalam membangun karakter dan pendidikan anak usia dini (). Begitu juga kita perlu mengetahui prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini. Dan itu akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Dapatkan Informasi tentang prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini (Silahkan klik disini).

pertumbuhan anak, perkembangan anak, usia dini, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini, paud, prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, sekolah, taman kanak-kanak
Advertisement