-->

Perkembangan Anak : Gangguan Bahasa Anak

Perkembangan Anak : Gangguan Bahasa Anak
Perkembangan Anak : Gangguan Bahasa Anak
Gangguan perkembangan bahasa anak
karakter dan psikiologinya. Namun fakta menemukan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab gangguan perkembangan bahasa. Untuk itulah pada artikel kali ini kita akan membahas gangguan apa saja yang menghipnotis perkembangan bahasa anak.


Penyebab gangguan perkembangan bahasa sangat banyak dan luas, semua gangguan mulai dari proses pendengaran, penerusan impuls ke otak, otak, otot atau organ pembuat suara. Adapun beberapa penyebab gangguan atau keterlambatan bicara yaitu gangguan pendengaran, kelainan organ bicara, retardasi mental, kelainan genetik atau kromosom, autis, mutism selektif, keterlambatan fungsional, afasia reseptif dan deprivasi lingkungan. Deprivasi lingkungan terdiri dari lingkungan sepi, status ekonomi sosial, tehnik pengajaran salah, perilaku orangtua. Gangguan bicara pada anak sanggup disebabkan lantaran kelainan organik yang mengganggu beberapa sistem badan menyerupai otak, telinga dan fungsi motorik lainnya.

Beberapa penelitian mengatakan penyebab ganguan bicara yaitu adanya gangguan hemisfer dominan. Penyimpangan ini biasanya merujuk ke otak kiri. Beberapa anak juga ditemukan penyimpangan belahan otak kanan, korpus kalosum dan lintasan telinga yang saling berhubungan. Hal lain sanggup juga di sebabkan lantaran diluar organ badan menyerupai lingkungan yang kurang mendapat stimulasi yang cukup atau pemakaian dua bahasa. Bila penyebabnya lantaran lingkungan biasanya keterlambatan yang terjadi tidak terlalu berat.

Terdapat tiga penyebab keterlambatan bicara terbanyak diantaranya yaitu retardasi mental, gangguan telinga dan keterlambatan maturasi. Keterlambatan maturasi ini sering juga disebut keterlambatan bicara fungsional.

Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang cukup sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara fungsional sering juga diistilahkan keterlambatan maturasi atau keterlambatan perkembangan bahasa. Keterlambatan bicara golongan ini disebabkan lantaran keterlambatan maturitas (kematangan) dari proses saraf sentra yang diharapkan untuk memproduksi kemampuan bicara pada anak. Gangguan menyerupai ini sering dialami oleh pria dan sering terdapat riwayat keterlambatan bicara pada keluarga. Biasanya hal ini merupakan keterlambatan bicara yang ringan dan prognosisnya baik. Pada umumnya kemampuan bicara akan tampak membaik sehabis memasuki usia 2 tahun. Terdapat penelitian yang melaporkan penderita dengan keterlambatan ini, kemampuan bicara dikala masuk usia sekolah akan normal menyerupai anak lainnya.

Dalam keadaan ini biasanya fungsi reseptif sangat baik dan kemampuan pemecahan duduk kasus visuo-motor anak dalam keadaan normal. Anak hanya mengalami gangguan perkembangan ringan dalam fungsi ekspresif. Ciri khas lain yaitu anak tidak mengatakan kelainan neurologis, gangguan pendengaran, gangguan kecerdasan dan gangguan psikologis lainnya.

Semoga Artikel Gangguan Perkembangan bahasa anak bermanfaat bagi anda.!!
Advertisement