-->

12 Cara Menggali Kreativitas Siswa Dalam Kelas

12 Cara Menggali Kreativitas Siswa Dalam Kelas
12 Cara Menggali Kreativitas Siswa Dalam Kelas
 Cara Menggali Kreativitas Siswa dalam Kelas  12 Cara Menggali Kreativitas Siswa dalam Kelas
12 Cara Menggali Kreativitas Siswa dalam Kelas 
ppkn.guruindonesia.id - Pada dasarnya insan dilahirkan mempunyai kemampuan dan talenta yang berbeda-beda, banyak juga yang sama akan tetapi banyak pula yang berbeda. Semua kemampuan yang dimiliki insan merupakan sebuah Anugerah dari Allah SWT kepada insan untuk dipakai sebaik-baiknya semoga bermanfaat bagi dirinya, keluarga dan orang lain. Akan tetapi terkadang insan tidak sadar akan kemampuan yang dimilikinya terkadang memang tidak tahu kemampuan yang dimilikinya. Disini kita sebagai Guru dan orang renta harus menggali akan kemampuan yang dimiliki anak keluar dan bisa maksimal dimanfaatkan oleh anak kita. 

Setiap tahun sebagai guru tentu kita menimbang-nimbang siapa selanjutnya yang akan menjadi murid kita tahun fatwa ini. Menimbang-nimbang yang dimaksud ialah menimbang perilaku, kemampuan akademis serta yang terpenting kemampuan sosialisasi antar murid di kelas. Berkat info yang didapat dari guru lainnya, guru bisa memaknainya sebagai info awal dalam upaya untuk meningkatkan potensi siswa di kelas. Salah satu cara semoga siswa mengenali sendiri potensi dan kemampuannya ialah dengan menyebabkan mereka menjadi siswa yang kreatif. Mari terlebih dahulu merubah pandangan bahwa kreativitas bukan hanya ada di dunia seni. akan tetapi Kreativitas bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan kreativitas disegala bidang kehidupan maka akan banyak inovasi-inovasi gres yang lahir dari kreativitas tersebut. 

Apabila disetiap lingkungan sekolah mempunyai guru yang kreatif, siswa yang kreatif maka akan menciptakan dunia pendidikan Indonesia maju. Di masa yang akan tiba siswa yang kreatif akan mewarnai Indonesia dengan karya dan sumbangsihnya. ini semua merupakan kiprah guru disekolah dan orang renta dirumah untuk menyebabkan siswa nya kreatif. Berikut ialah beberapa cara menciptakan siswa di kelas menjadi kreatif, Semoga bermanfaat dan membantu.

  1. Buatlah siswa dikelas saling mengajarkan sesama temtan lainnya sebagai bab dari taktik belajar
  2. Latih dan biasakan siswa untuk beropini dengan terang dan lancar, sebagai cara menciptakan siswa percaya diri di depan teman-temannya.
  3. Biasakan siswa untuk selalu berpartisipasi dan bersosialisasi dalam kelompok.
  4. Buatlah sebuah aktivitas yang konkret di kelas semoga siswa bisa berpikir berdikari sekaligus menjadi pemecah masalah.
  5. Siapkan dan buatlah kiprah untuk siswa, biasakan dalam kiprah tersebut diakhiri dengan penugasan dimana siswa diminta mengekspresikan diri secara kreatif bisa dengan drama, komik atau hal lain yang menuntut siswa kreatif
  6. Biasakan siswa bekerja sama dalam kelompok semoga mereka terbiasa bekerja sama dengan orang lain.
  7. Biasakan memberi kiprah yang kreatif contohnya daripada sekedar meminta siswa merangkum/membuat resume isi buku, sesekali meminta siswa mendisain ulang gambar-gambar yang ada dalam buku tersebut atau bisa juga cover bukunya.
  8. Memberikan kesempatan kepada siswa dalam perencanaan pengajaran. Dengan demikian siswa biasa mengungkapkan pikiran dan berani mengungkapkan pendapat serta kemampuannya.
  9. Saat membahas sesuatu hal di kelas, cobalah bertanya kepada siswa, “apa yang terlintas dalam pikiranmu saat mendengar kata contohnya "wayang".
  10. Berikanlah pekerjaan rumah yang berkualitas dan kreatif kepada siswa, bukan sekedar kiprah yang hanya menciptakan siswa pusing. Misalnya daripada meminta siswa mengerjakan soal pilihan ganda, sebaiknya sesekali meminta siswa melaksanakan wawancara, memotret gambar lewat hp lebih cantik lagi yang berafiliasi dengan mata pelajaran, kemudian memperlihatkan komentar dan banyak aktivitas lainnya yang menciptakan siswa tertantang.
  11. Perbanyaklah diskusi dan interaksi antar siswa di kelas, Kurangi metode pengajaran ceramah dan komunikasi satu arah di kelas, hanya dari guru pada siswa itu akan menciptakan siswa monoton.
  12. Menciptakan budaya menjelaskan di kelas, setiap pertanyaa-pertannyaan atau jawaban yang diberikan/disampaikan oleh siswa bukan sekedar menjawab yang betul atau silahkan buka halaman sekian. Artinya apabila ada siswa yang bertanya atau menjawab kemudian dijelaskan, maka siswa akan semakin paham dan kritis kedepannya.

Pada dasarnya ke 12 cara diatas merupakan sebuah teori dimana apabila tidak di terapkan atau diaplikasikan maka cita-cita kita semoga siswa kreatif dalam kelas hanya mimpi belaka. Masih banyak cara yang bisa dilakukan oleh setiap guru dikelas semoga siswanya kreatif dikelas. apabila kiat-kiat ini dilaksanakan balasannya siswa menjadi bahagia belajar, hubungan guru dan siswa juga menjadi semakin demokratis. Siswa akan menganggap gurunya ialah sosok orang yang mau mendengar dan juga orang yang bahagia belajar. Salah satu ciri insan yang kreatif ialah bahagia berguru dan terus berusaha semoga apa yang ia mimpikan tercapai. semoga tips ini bisa membantu dan bermanfaat bagi pembaca. 
Terima kasih sudah membaca artikel ini, berikan masukan dan komentar yang bermanfaat. 

Advertisement