-->

Tips Jitu Supaya Guru Nyaman, Betah Dan Loyal Mengajar Di Sekolah

Tips Jitu Supaya Guru Nyaman, Betah Dan Loyal Mengajar Di Sekolah
Tips Jitu Supaya Guru Nyaman, Betah Dan Loyal Mengajar Di Sekolah
 Membuat Guru nyaman bekerja di sekolah ialah tujuan dari semua pengelola sekolah dan ora Tips Jitu Agar Guru Nyaman, Betah dan Loyal mengajar di Sekolah
Tips Jitu Agar Guru Nyaman, Betah dan Loyal mengajar di Sekolah
ppkn.guruindonesia.id - Membuat Guru nyaman bekerja di sekolah ialah tujuan dari semua pengelola sekolah dan orang renta siswa. Banyak cara biar seorang Guru nyaman berada di Sekolah. Jika pengelola sekolah menganggap bahwa seorang guru itu ialah hanya karyawan maka pengelola sekolah beranggapan bahwa, dilema honor lah yang akan menciptakan seorang guru merasa nyaman. Ada benarnya juga, walaupun tidak sepenuhnya benar. 

  1. Ruang guru yang memadai. Saya tidak menyampaikan ideal namun memadai. Karena setiap sekolah punya standar masing-masing. Misalnya Ruang guru tersedia Air Minum serta gula, teh dan kopi akan menciptakan guru betah untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Lebih manis lagi kalau ada pantry, dapur kecil yang ada peralatan untuk memanaskan makanan kalau sekolah belum menyediakan makan untuk guru. Di ruang guru juga sebaiknya ada komputer dan printer yang siap mambantu kiprah guru dalam mempersiapkan pengajaran yang kreatif untuk muridnya.
  2. Menyediakan makan siang untuk guru. Jika sekolah belum bisa menanggungnya 100 persen, sekolah bisa melakukannya dengan patungan 60:40 dengan gurunya. Makan siang dan permasalahan asupan gizi dan makanan sangat penting bagi seorang guru alasannya ialah kalau sekolah melewatkan hal ini yang terjadi ialah sekolah akan sering menerima kabar guru tidak masuk alasannya ialah sakit. Hal ini bisa saja terjadi alasannya ialah guru makan di warung yang belum tentu terjamin kebersihan atau terkadang mereka tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan makanan dikarenakan kemudian lintas menuju sekolah yang mengharuskan mereka berangkat pagi- pagi benar. Jika sekolah ingin maju dan sukses dibutuhkan guru yang sehat dan siap mengajar. selain itu, keakraban akan terbina kalau sering makan siang bersama. 
  3. Dipenuhi peralatannya. Peralatan yang saya maksud termasuk media pembelajaran dan alat bantu mengajar serta sarana pendukung lain yang dibutuhkan Terkadang guru memang sering terlihat ‘boros’ namun dengan pendekatan dan sosialisai mengenai penghematan guru akan berpikir ulang sebelum melaksanakan hal yang akan berujung pada pemborosan. Cara guru memesan alat bantu, materi dan media pembelajaran juga perlu diatur, dengan sistem yang baik akan menciptakan guru merasa sekolah mendukung dan membantu tugasnya sebagai pendidik. Sebaiknya sekolah membeli dalam partai besar untuk kemudian menyimpannya di sekolah dengan demikian selalu ada ketika guru memerlukan itupun apabila biayanya mencukupi.
  4. Atasan yang mendahulukan kepercayaan dibandingkan dengan kecurigaan. Ada banyak perbedaan antara guru dan karyawan. Seorang guru bukan sekedar karyawan, ia ialah pendidik sebagai ujung tombak dari sebuah sekolah yang efektif. Karyawan memang punya prosedur untuk diawasi oleh atasannya, sementara guru ialah orang yang gres akan maksimal dalam bekerja ketika ia diberi kepercayaan. Terkadang guru pun bisa menciptakan kesalahan, disaat guru menciptakan kesalahan kepala sekolah/pengelola sekolah bukan jadi orang yang menghukum namun ia akan jadi orang yang mendampingi biar guru bisa lebih baik lagi dalam sikap dan kinerjanya. 
  5. Ada event di luar jam mengajar. Guru senang kalau di simpulan tahun ia tahu bahwa ada kesempatan yang disediakan sekolah untuk pergi bersama keluarga besar sekolah daerah ia mengabdi atau ada ketika sekolah lakukan ‘Teacher Appreciation Day’ atau "Family Gathering", kalau sekolah berat dengan biaya maka sekolah bisa bekerja sama dengan orang renta siswa mengadakan program khusus untuk memberi penghargaan pada guru anak-anaknya yang telah mengajar penuh satu tahun ajaran.
  6. Diasah jiwa kepemimpinannya. Dalam rapat guru dihargai pendapatnya dan didengar sambil kepala sekolah berusaha dicarikan solusi. Dengan guru punya jiwa kepemimpinannya ia akan percaya diri ketika bicara dengan orang renta siswa dan tampil sebagai guru profesional sebagai orang yang mewakili gambaran sekolah di mata masyarakat 
  7. Dibantu/disumbang kalau ada kesulitan, minimal berikan perhatian atas dilema yang dihadapi. Guru juga insan terkadang ia mengalami kesulitan diluar batas kemampuannya. Disaat inilah pengelola sekolah berperan dan membantu biar guru yang mengalami kesulitan terbantu dan bisa konsentrasi dalam mengajar. 
  8. Berikan kepercayaan sepenuhnya kepada guru untuk mengelola, mengatur contoh mengajarnya di sekolah, akan tetapi pengelola sekolah tetapi mengawasi selama berjalan sesuai aturannya berikan penghargaan, bila keluar jadi aturan ingatkan dan berikan teguran yang pantas. 
  9. Sama rata sama rasa, maksudnya ialah jangan pernah sekolah membeda-bedakan guru yang satu dengan yang lainnya, setiap guru memilki aksara dan prestasi yang berbeda, dan niscaya mempunyai tujuan yang sama yaitu guru yang bisa jadi teladan bagi siswanya.
Apakah Bapak/Ibu Setuju dengan Tips ini, kalau baiklah mari kita sampaikan Tips ini kepada Pengelola sekolah. Semoga Tips Jitu Agar Guru nyaman, betah dan loyal mengajar di Sekolah bermanfaat bagi para pembaca. Masih banyak tips-tips jitu lainnya yang pastinya Pembaca memilikinya, silahkan berikan masukan dan komentarnya dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih 
Advertisement