-->

19 Jurus Ampuh Menaklukan Unbk 2019

19 Jurus Ampuh Menaklukan Unbk 2019
19 Jurus Ampuh Menaklukan Unbk 2019

 Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer  19 Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019
Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019
ppkn.guruindonesia.id - Ujian Nasional sudah didepan mata! Bagaimana perasaanmu, takut? atau mulai cemas dari sekarang? Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK), niscaya makin panik ya? Jangan khawatir! Meski ini ujian berbasis komputer, tetapi bukan menjadi sebuah alasan untuk menurunkan performa kau nanti ya! Kamu niscaya tetap bisa kok sukses di UNBK 2019 ini, asal tidak lupa untuk mempersiapkan jurus jitu menaklukan UNBK semoga berhasil dengan nilai terbaik.  

Dulu ketika Ujian kita terbiasa di atas kertas, tetapi kini sudah berubah dengan memakai komputer. Hal ini tentu akan ada mekanisme yang berbeda dari ujian sebelumnya. Mungkin terdengar sepele, tetapi kalau kita sudah paham betul cara pengerjaannya maka kita tidak akan kebingungan lagi ketika pengerjaan. Tidak mau kan waktu mengerjakan soal UN nanti, waktu kau tersita hanya alasannya ialah masih kagok? Hal apa saja yang harus dipersiapkan? simak dan ikuti jurus jitu berikut ini!

1. Persiapkan diri kamu
 Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer  19 Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019Mempersiapkan diri ialah cara utama dalam meraih kesuksesan ujian nasional. Belajar secara konsisten dari awal hingga final di jauh - jauh hari, jangan hingga kau berguru ketika besoknya akan menghadapi ujian nasional atau familiar dengan "sistem kebut semalam".
Karena materi ujian nasional itu sangat banyak, mulai kelas 1 hingga kelas 3. Makara jikalau berguru dengan konsisten kau bisa menguasai materi itu dan tidak akan merasa dikejar waktu, contohnya dengan meluangkan waktu 2 jam sehari untuk mempelajari aneka macam materi untuk menghadapi ujian nasional.
Selain mempersiapkan otak, kau juga harus mempersiapkan mental. Dalam artian kau harus yakin bahwa kau bisa sukses mengerjakan soal ujian nasional. Tapi jangan terlalu yakin, tanpa ada pengorbanan untuk berguru sama sekali.

Berbagai hambatan niscaya akan kau temukan ketika kau mempersiapkan diri, contohnya susah memahami beberapa materi atau bab. Jangan menyerah, kau bisa ajak sobat untuk berguru bareng atau sebagainya. Ada pepatah menyampaikan "Bisa Karena Terbiasa". Semangat :)

2. Mempelajari kisi - kisi tahun sebelumnnya

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) merupakan penyelenggara ujian nasional (UN) biasanya merilis secara resmi kisi - kisi ujian nasional setiap tahunnya. Manfaatkan kisi - kisi sebaik mungkin, yaitu dengan menganalisa kisi - kisi dari tahun ke tahun, pelajari, dan coba kerjakan secara bertahap. Karena biasanya soal ujian nasional di tahun sebelumnya itu terkadang ada di soal ujian nasional ketika ini. 

3. Jangan Gaptek
 Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer  19 Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019Sebagai Generasi Milenial jangan hingga kita gagap teknologi menyerupai cara menggunkaan komputer. Karena untuk beberapa tahun kedepannya niscaya teknologi sangat bermanfaat dalam membantu kehidupan sehari - hari.
Contohnya juga sekarang, awalnya ujian nasional dilakukan dengan kertas. Namun kini dirubah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang mana terasa lebih efisien dan lebih canggih.
Makara mulailah berteman dengan teknologi, supaya kau tidak merasa cemas ketika melihat soal UN di layar komputer. Intinya jangan hingga kau cemas, alasannya ialah kecemasan itu bisa merusak aneka macam hal.

4. Ikuti simulasi
Sebelum menghadapi UNBK, biasanya tiap sekolah terlebih dahulu mengadakan simulasi UNBK. Meskipun simulasi dilakukan ketika libur, sempatkan waktu untuk mengikutinya. Karena simulasi tersebut bertujuan untuk membiasakan murid dan supaya tidak cemas ketika menghadapi UNBK.

5. Kerjakan soal yang gampang dulu
Hal ini ada kaitannya dengan "waktu mengerjakan", jadi kau jangan hingga terus menerus mengisi soal yang susah hingga memakan waktu yang cukup lama. Alangkah baiknya kerjakan soal yang gampang dulu, lanjut ke soal ragu - ragu, dan terakhir gres kerjakan soal yang susah. Dengan cara itu niscaya kau tidak akan kehabisan waktu.

6. Percaya diri

Apabila persiapan sudah dilakukan dari jauh - jauh hari dan di rumah kau sudah merasa siap menghadapi ujian nasional, jangan hingga percaya diri tersebut hilang ketika kau mendapat kunci balasan dari teman.

Karena dalam ujian nasional itu terdiri dari beberapa paket, otomatis beda soal juga beda jawaban. Maka jangan terlalu percaya ketika orang memberi jawaban. Meskipun mempunyai paket yang sama, kau juga harus berifikir "bagaimana kalau balasan yang benar ialah balasan kamu".

7. Ikuti mekanisme yang berlaku
Prosedur atau Tata Tertib UNBK biasanya akan dibacakan oleh pengawas sebelum dimulai, menyerupai tidak boleh memakai mesin hitung, tidak boleh membawa HP, dan masih banyak lagi. Meskipun terasa risih, tapi ikuti saja semua mekanisme yang berlaku supaya kau sukses mengerjakan soal ujian nasional.

8. Tetap fokus, satu titik
Isi ujian nasional dengan sangat fokus, mulai dari hal kecil menyerupai login hingga mengerjakan soal. Karena tidak sedikit murid yang gagal alasannya ialah kurang fokus, menyerupai halnya menyepelekan dan tidak memperhatikan layar dengan baik.

9. Mengikuti bimbingan berguru (les)
Dengan mengikuti bimbingan belajar, kau akan mendapat materi komplemen selain materi yang didapatkan di sekolah. Untuk kini ini banyak pilihan bimbingan berguru yang ingin kau gunakan, baik offline juga online.

Mengikuti bimbingan berguru memang membutuhkan biaya tambahan, terkadang juga cukup mahal. Tapi enaknya kau bisa konsultasi secara santai apabila ada materi atau kiprah yang belum kau pahami. Supaya sukses menghadapi UNBK, biasanya kau juga akan diberi beberapa materi komplemen juga prediksi soal.

10. Jangan lupa ibadah dan berdo'a
Kepintaran insan tidak berarti apabila kita tidak bersyukur kepada yang memberinya (Tuhan). Maka sebagai anak muda yang pandai sekaligus beragama, beribadah lah sesuai ketentuan agama masing - masing dan berdoa supaya diberi kelancaran selama ujian nasional berlangsung.

11. Minta izin kepada orang tua
Orang bau tanah ialah sosok yang berharga dalam kehidupan, mereka bisa menciptakan kau tumbuh besar. Jangan hingga kau mengecewakan mereka dan hargai keberadaan mereka, selagi mereka ada. Sebelum berangkat, minta maaf dan minta izin kepada mereka. Supaya mereka selalu mendoakan kamu.

12.Belajar kelompok
Jika kau masih kurang percaya diri untuk bisa mengerjakan soal UN, silahkan berguru kelompok dengan teman-teman yang kau anggap pintar. Bisa dengan sobat sekelas ataupun dengan sobat bermain yang sekiranya bisa saling membantu menemukan balasan dari soal UN yang kemungkinan muncul.


13. Efisiensi waktu dan tinggalkan kegiatan yang tak bermanfaat
Belajarlah untuk menghemat waktu sebelum menghadapi UN. Hal ini untuk melatih kau dalam menghemat waktu ketika mengerjakan soal UN nantinya. Sehingga kau bisa memprioritaskan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang perlu ditinggalkan.

14. Refreshing, why not
Sebelum atau setelah UN, kau diharuskan refreshing. Tujuannya sangat jelas, yaitu semoga otak lebih damai sebelum menghadapi ujian. Dan jikalau refreshing dilakukan setelah ujian, tentunya untuk meregangkan urat syaraf yang tegang semoga kedepannya bisa lebih enjoy menjalani aktifitas lainnya.

15. Jaga kesehatan
Untuk hal yang satu ini sangatlah penting, yaitu jagalah kesehatan. Jika badan tidak fit, sudah niscaya kau akan kewalahan menghadapi soal UN yang ada. Jadi, jaga kondisi kapanpun dan dimananapun kau berada.

16. Disiplin dalam belajar 
Apabila kita telah menciptakan aktivitas berguru maka harus dijalankan dengan baik . Contohnya menyerupai berguru sempurna waktu dan serius. Tidak sambil main -main . Konsentrasi penuh.singkirkan sementara HP, TV, dan lainnya. Jika waktu makan , mandi, ibadah, dan sebagainya telah datang maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan berguru setelah melaksanakan kegiatan tersebut jikalau waktu berguru belum usai. Bermain dengan sobat atau game sanggup merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jikalau dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih video game yang mendidik dan tidak menyebabkan rasa ingin tau yang tinggi ataupun rasa kelelahan yang tinggi jikalau kalah.

17. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakn kepada guru, sobat atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah kepada sobat untuk bertanya kepada kita hal – hal yang belum beliau pahami. Semakin ditanya maka kita sanggup semakin ingat dengan balasan yang benar, maka kita sanggup membahasnya Bersama – sama dengan teman.

18. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah erat biasanya kita akan panik jikalau belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh berguru yang belum siap ialah berguru hingga larut malam/begadang atau menciptakan contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur sempurna waktu alasannya ialah jikalau bergadang semalaman akan membawa efek yang jelek bagi kesehatan, terutama bagi anak – anak.

19. Jujur dalam Mengerjakan Tugas, Ulangan dan Ujian
 Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer  19 Jurus Ampuh Menaklukan UNBK 2019Hindari menggandakan atau mencontek ketika sedang mengerjakan tugas, ulangan atau ujian. Mencontek sanggup menciptakan sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak sanggup ditutupi secara terus menerus dan cenderung untuk melaksanakan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Mulailah beranggapan bahwa dengan mencontek niscaya akan tertangkap lembap guru dan sangat berdosa. Kalau mencontek, kau bisa kurang terpelajar alasannya ialah tidak berpikir sendiri. Lagipula sobat yang kau contek itu belum tentu benar jawabannya. Apalagi kalau tertangkap lembap guru dan teman, aib kan ?

Inilah Cara Sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 yang bisa kau terapkan mulai dari sekarang. Awalnya memang akan terasa sulit, apalagi bagi orang yang kurang peka terhadap pelajaran sekolah. Tapi apabila terus dilatih niscaya kau terbiasa melakukannya.

Apabila kau sudah menyiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional, tapi masih mendapat nilai yang kecil. Jangan khawatir, alasannya ialah nilai tidak akan menghipnotis nasib hidupmu. Rajin beribadah dan mencoba hal gres yang kau sukai ialah jalan menuju kesuksesan.
Advertisement