-->

Buku Siswa Ppkn Kelas Xii Sma/Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Siswa Ppkn Kelas Xii Sma/Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa Ppkn Kelas Xii Sma/Smk/Mak Kurikulum 2013 Revisi 2017
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  Buku Siswa PPKn Kelas XII SMA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa PPKn Kelas XII SMA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa PPKn Kelas XII SMA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, Berikut kata pengantarnya. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ialah mata pelajaran yang dirancang untuk membekali siswa dengan keimanan dan tabiat mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Melalui pembelajaran PPKn, siswa dipersiapkan untuk sanggup berperan sebagai warganegara yang efektif dan bertanggung jawab.Pembahasannya secara utuh meliputi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Yang diterjemahkan dalam tatacara kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai universal kemanusiaan dalam implementasinya.

Sebagai bab dari Kurikulum 2013, kompetensi yang dibuat melalui pembelajaran PPKn untuk Pendidikan Menengah Kelas XII haruslah meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. PPKn sebagai pengetahuan diajarkan untuk menciptakan siswa terampil dalam menerapkan pengetahuan PPKn tersebut dalam kehidupan nyata. Dengan keterampilan yang terasah tersebut, pembelajaran PPKn dibutuhkan sanggup membentuk siswa yang mempunyai perilaku sebagai seorang warga negara yang taat dan meyakini falsafah hidup bangsa Indonesia dalam kesehariannya. Dengan demikian kompetensi lulusan pendidikan menengah bisa menjadi cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Untuk mencapai kompetensi menyerupai diatas, pembelajaran PPKn dirancang berbasis acara terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang dibutuhkan sanggup mendorong siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab melalui kepeduliannya terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa, negara, dan masyarakat sekitar hingga peradaban dunia. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk pertisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan dirinya. Kompetensi  yang dihasilkan bukan lagi terbatas pada kajian pengetahuan ataupun keterampilan penyajian dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada keterampilan berbentuk tindakan faktual sebagai perwujudan dari perilaku peduli, bertanggung jawab, dan cintatanah air yang telah terasah dalam diri siswa.

Buku ini menjabarkan perjuangan minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipakai dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber mencar ilmu lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitarnya.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh alasannya itu, kami mengundang para pembaca untuk memperlihatkan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas bantuan tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita sanggup memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Terima kasih sudah bersedia membaca artikel ini, mohon berikan masukan dan sarannya supaya kami lebih baik lagi ketika pembuatan artikel berikutnya. Silahkan Download pada tanda Panah 4 arah pada pojok kanan atas priview buku dibawah ini.
Advertisement