-->

Penilaian Hasil Berguru Di Madrasah ( Mi, Mts Dan Ma )

Penilaian Hasil Berguru Di Madrasah ( Mi, Mts Dan Ma )
Penilaian Hasil Berguru Di Madrasah ( Mi, Mts Dan Ma )
OSZ : Penilaian Hasil Belajar Di Madrasah ( MI, MTs dan MA )

Pengertian 
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan informasi/data untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik.
  1. Penilaian hasil berguru oleh pendidik yaitu proses pengumpulan informasi/data wacana capaian kompetensi penerima didik pada aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. 
  2. Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan yaitu proses pengumpulan informasi/data wacana capaian kompetensi penerima didik pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan.
  3. Penilaian hasil berguru oleh Pemerintah yaitu proses pengumpulan informasi/data wacana capaian kompetensi penerima didik pada aspek pengetahuan. 

Tujuan Penilaian 

Tujuan Penilaian: untuk mengukur capaian kompetensi penerima didik pada aspek Sikap, aspek Pengetahuan dan aspek Keterampilan.
Fungsi Penilaian:
  1. Formatif : Perbaikan proses pembelajaran dan cara berguru penerima didik.
  2. Sumatif  : mengetahui keberhasilan penerima didik pada final semester, final tahun, dan final masa pendidikan di satuan pendidikan;
  3. Evaluatif : mengevaluasi pengelolaan pembelajaran di kelasa maupun kegiatan satuan pendidikan.
PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN

Sahih = penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur
Adil = Penilaian tidak menguntungkan atau merugikan penerima didik alasannya yaitu perbedaan SARA, gender, status ekonomi dll.
Obyektif = penilaian didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai
Terbuka = sanggup diakses oleh semua pihak.
Beracuan Kriteria = Keberhasilan penerima didik bukan dibandingkan dengan teman2nya tetapi dengan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan.
Akuntabel = Dapat dipertanggungjawabkan kpd pihak internal maupun ekternal.





Link Download : 





Advertisement