-->

Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!

Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!
Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!
Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!
Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!
ppkn.guruindonesia.id - Bahaya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dihindari, dengan cara tidak membiarkan mereka terpapar teknologi tersebut secara berlebihan. Apalagi diberi hak kepemilikan ketika usia mereka masih di bawah 12 tahun, sebab bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya.

Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, anak umur 0-2 tahun dihentikan terpapar oleh teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi memakai teknologi hanya satu jam per hari. Dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja perhari.

Sebenarnya Gadget merupakan salah satu Alat Komunikasi yang berkhasiat dan sangat bermanfaat, akan tetapi tergantung bagaimana kita bijak dalam menggunakannya.
Anak-anak dan remaja yang memakai teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, mempunyai risiko kesehatan serius yang bisa mematikan.

Lalu bagaimana solusinya?? 
Kami akan berikan solusinya di Sini 

1. Kaprikornus pola yang baik
Mulailah dari kita sendiri sebagai Orang Tua, Anak berguru dari lingkungan sekitarnya. Jika Anda terlihat sering bermain gadget, anak niscaya akan mengikuti kebiasaan Anda ini. Jika Anda ingin mengurangi waktu bermain gadget, maka Anda sendiri juga bisa mengatur waktu untuk memakai gadget secara bijak.
Jangan hingga Anda melarang anak untuk bermain gadget, tapi Anda sendiri masih terus melekat pada gadget. Larangan Anda tentu tidak akan membuahkan hasil.

2. Batasi penggunaan gadget
Mengatur kembali waktu anak bermain gadget bisa membantu Anda untuk membatasi penggunaan gadget oleh anak. Kemudian, jangan meletakkan gadget sembarangan, anak bisa mengambil dan memainkannya dengan mudah. Pastikan area kamar tidur anak juga bebas dari gadget.

3. Perbanyak acara di luar atau di dalam rumah
Meningkatkan acara anak di dalam rumah atau di luar rumah bisa menyita perhatian anak dan lupa dengan gadget. Anda bisa mengajak anak untuk lari pagi atau bersepeda di hari libur, mengajak anak memasak bersama, atau berkunjung ke rumah saudara. Lakukan kegiatan apapun yang menciptakan anak kembali aktif.

4. Kenalkan Permainan-Permainan Tradional yang menyenangkan
Banyak anak zaman kini yang tidak mengenal permainan-permainan tradisional yang bersama-sama lebih asik dan seru dibandingkan HP. Kaprikornus upayakanlah pengalihan kepada permainan-permainan tradisional yang menciptakan anak lupa terhadap gadget. Banyak loh permainan Tradisional yang menarik dan unik yang pastinya akan menciptakan anak senang.

5. Bersikap tegas
Kecanduan gadget yang menciptakan anak tantrum, memang sulit dihadapi. Ingat, Anda harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang gres Anda buat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan hingga Anda iba dengan rengekan anak yang ingin terus main gadget.
Anak butuh waktu untuk terlepas dari gadget, jadi mengurangi waktu bermain gadget pada anak dihentikan secara mendadak tapi lakukan secara perlahan.

6. Hapus Aplikasi Games 
Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget Bingung Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget, Ini Solusinya!
https://seputaremis.blogspot.com/
Games merupakan salah permainan yang sangat di sukai oleh semua kalangan, mulai dari anak hingga dengan dewasa. Karena Games dianggap sanggup menghilangkan kesuntukan dan menciptakan diri terhibur. Apabila tidak ada Aplikasi Games di HP anak akan mencari cara untuk menghibur dirinya, 

Nah!!,disinilah kesempatan anda sebagai orang renta untuk mengambil alih. Kembali berikan permainan-permainan yang ia sukai, contohnya bola, basket dll. 

7. Ganti Gadget dengan model yang sederhana
Setiap tahun peningkatan kualitas pada Gadget semakin berkembang, bahkan dengan harga yang cukup murah kita bisa mendapat Gadget yang lengkap dengan Aplikasi. Nah mulai kini upayakan gantilah Gadget anda dengan model Jadul (Jaman Dulu) yang memang minim Aplikasi yang hanya bisa dipakai untuk Telepon dan SMS saja. 

8. Berikan Pemahaman yang sanggup di terima anak 
Sekeras apapun sifat dan perilaku anak, sebagai orang renta niscaya mempunyai cara untuk membujuk dan mendidik anaknya di rumah. Berikanlah pemahaman kepada anak perihal Bahaya dan Resiko apabila terlalu usang atau sering memakai Gadget, atau sesekali perlihatkan Video korban terlalu banyak main gadget. Sudah banyak di youtube dan bisa dilihat
             
Allah SWT melarang apapun yang berlebihan, sebab berlebihan tidak menawarkan hal yang  positif. perilaku yang lahir dan jiwa yang tidak stabil. Larangan berlebihan ini juga untuk urusan akhirat, bukan hanya Dunia.

Semoga bermanfaat, jangan mengalah dan teruslah berusaha semoga anak - anak kita terhindar dari kecanduan Gadget. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, silahkan berikan komentar yang bermanfaat dan membangun.
Advertisement