-->

Fantastis, Honor Guru Tertinggi Di 5 Negara

Fantastis, Honor Guru Tertinggi Di 5 Negara
Fantastis, Honor Guru Tertinggi Di 5 Negara
 Hanya membuatkan isu kali ini penulis menciptakan artikel terkait Fantastis Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara
Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara
ppkn.guruindonesia.id - Apa kabar Guru Indonesia? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Hanya membuatkan isu kali ini penulis menciptakan artikel terkait Fantastis, Gaji Guru Tertinggi di 5 Negara. Dengan keinginan nasib Guru di Indonesia lebih diperhatikan dan di utamakan, sehingga kesehjateraan Guru terjamin.  

Guru ialah pekerjaan mulia yang mendidik generasi penerus bangsa. Istilah guru sebagai pendekar tanpa tanda jasa pun layak disematkan kepada guru yang tidak pernah pamrih untuk memperlihatkan pengetahuannya kepada generasi muda. Sayangnya, di Indonesia beban berat guru sebagai orang yang digugu dan ditiru sering berhimpitan dengan keadaan keuangan yang kurang mencukupi kehidupan sehari-hari.

Sudah jamak diketahui jikalau honor guru di Indonesia, terlebih di kawasan dan di pedalaman jauh dari kata jauh. Bila kita bandingkan dengan negara-negara ini maka sangat jauh penghargaan pemerintah terhadap guru. Inilah negara yang membayar tenaga pendidiknya sangat mahal alasannya ialah mereka tahu kunci sukses suatu bangsa ialah pendidikan, dan tonggak utama pendidikan ialah guru yang berkualitas. 

Di Indonesia hingga dikala ini masih diwarnai dengan segudang problem keuangan, khususnya di bidang pendidikan. Yang sedang viral dikala ini mengenai honor guru honorer yang ternyata hanya Rp 300 ribu per bulan.

Di luar Indonesia, ada beberapa negara yang mempunyai kualitas pendidikan tinggi serta memperlihatkan honor fantastis bagi guru-gurunya.

Melansir Business Insider, honor tertinggi di dunia bagi para guru berada di Luksemburg. Ini didapat dari penelitian Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2017.

Gaji awal guru Sekolah Menengan Atas di Luksemburg per tahun sanggup menyentuh USD 79 ribu atau Rp 1,1 miliar (USD 1 = Rp 14.050). Sementara, honor tertinggi guru senior di Sekolah Menengan Atas Luksemburg ialah sekitar USD 138 ribu (Rp 1,9 miliar).

Penelitian OECD turut memisahkan honor guru SD dan SMA. Berikut 5 negara tempat guru SD sanggup menerima bayaran tinggi menurut skala honor tertinggi (top of pay scale).

A. Tingkat SD
1. Luksemburg: USD 122 ribu (Rp 1,9 miliar)
2. Swiss: USD 84 ribu (Rp 1,18 miliar)
3. Korea Selatan (Korsel): USD 79 ribu (Rp 1,1 miliar)
4. Jerman: USD 72 ribu (Rp 1 miliar)
5. Amerika Serikat (AS): USD 68 ribu (Rp 955 juta)

Perlu diperhatikan, angka itu ialah honor tertinggi yang sanggup dicapai. Bila dilihat dari honor awal, guru SD di Jerman menerima honor lebih tinggi dari Korsel. Namun guru-guru di Korsel menikmati penambahan honor sesuai usang waktu mereka bekerja.

Gaji awal guru Korsel ialah sekitar USD 28 ribu (Rp 393 juta) dan itu lebih kecil dari guru di AS dan Jerman, tetapi seiring berjalannya waktu menjabat honor mereka lebih tinggi dari dua negara itu menjadi USD 79 ribu.

B. Tingkat SMA
Beralih ke guru SMA, berikut 5 negara di mana guru sanggup meraih honor fantastis menurut skala honor tertinggi (top of pay scale).

1. Luksemburg: USD 138 ribu (Rp 1,9 miliar)
2. Swiss: USD 107 ribu (Rp 1,5 miliar)
3. Jerman: USD 89 ribu (Rp 1,2 miliar)
4. Korea: USD 78 ribu (Rp 1 miliar)
5. Austria: USD 76 ribu (Rp 1 miliar)

Sama ibarat sebelumnya, kenaikkan honor para guru Sekolah Menengan Atas di Korsel terhitung tinggi, meski honor awal mereka ialah sekitar USD 27 ribu (Rp 379 juta), angka itu di bawah honor awal guru Sekolah Menengan Atas Belanda dan Kanada. Lalu, sehabis 10 tahun honor mereka naik USD 41 ribu (Rp 575 juta), dan puncak tertinggi mencapai USD 78 ribu. 

Nama Luksemburg masih berada di posisi puncak dengan honor tahunan hingga USD 138 ribu. Sementara, Finlandia yang tercatat mempunyai pendidikan terbaik di dunia tidak masuk daftar 5 besar.

Terima kasih telah membaca artikel ini, biar bermanfaat. 
Advertisement