-->

Silabus Mata Pelajaran Ppkn Kelas 7 Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus Mata Pelajaran Ppkn Kelas 7 Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Mata Pelajaran Ppkn Kelas 7 Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017


Segala puji syukur kehadirat Allah SWT lantaran dengan limpahan Rahmat-Nya jua lah kami sanggup menulis artikel ini. Shalawat dan salam biar selalu tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, keluarga, sobat dan pengikut ia hingga final zaman. Amin
Pada Kesempatan ini kami akan membahas wacana Pengertian, Langkah - langkah, Manfaat, Daftar isi serta prinsip pengembangan Silabus

A. Pengertian Silabus
Silabus merupakan planning pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang meliputi Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Sedangkan Silabus Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 ialah Rencana pembelajaran mata pelajaran Sejarah Indonesia yang didalam SK, KD, Materi Pokok, Indikator, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, & Sumber mencar ilmu membahas khusus wacana mata pelajaran Sejarah Indonesia.

B. Langkah-langkah pengembangan silabus 
  1. Mengkaji Kompetensi Isi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi.
  2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran. Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian KD.
  3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk menawarkan pengalaman mencar ilmu yang melibatkan proses mental dan fisik dalam rangka pencapaian KD.
  4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi. Indikator merupakan penanda pencapaian KD. Indikator dipakai sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
  5. Menentukan Jenis Penilaian. Penilaian pencapaian kompetensi dasar siswa dilakukan menurut indikator. Penilaian dilakukan dengan memakai tes dalam bentuk tertulis.
  6. Menentukan Alokasi Waktu. Penentuan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada jumlah ahad efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu. Alokasi waktu merupakan asumsi waktu rerata untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam.
  7. Menentukan Sumber Belajar. Penentuan sumber mencar ilmu didasarkan pada SK dan KD serta materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

C. Manfaat Silabus
  1. Silabus bermanfaat sebagai pedoman pengembangan perangkat pembelajaran lebih lanjut, mulai dari perencanaan, pengelolaan aktivitas pembelajaran dan pengembangan penilaian.
  2. Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, menyerupai pembuatan planning pembelajaran, pengelolaan aktivitas pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan planning pembelajaran, kaib planning pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kompetensi Dasar.
  3. Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan aktivitas pembelajaran, contohnya aktivitas mencar ilmu secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk berbagi sistem penilaian.

D. Isi Silabus
  1. Identitas mata pelajaran
  2. Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas.
  3. Kompetensi inti
  4. Kompetensi dasar
  5. Indikator
  6. Tema (khusus SD/MI/SDLB/Paket A/dll)
  7. Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
  8. Pembelajaran,yaitu aktivitas yang dilakukan oleh pendidik dan akseptor didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
  9. Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk memilih pencapaian hasil belajar
  10. Alokasi waktu
  11. Sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber mencar ilmu lain yang relevan.
E. Prinsip Pengembangan Silabus
  1. Ilmiah : Keseluruhan materi dan aktivitas yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan sanggup dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Relevan : Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor didik.
  3. Sistematis : Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsistensi : Adanya relasi yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  5. Kecukupan : Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual & Kontekstual : Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem evaluasi memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan tragedi yang terjadi.
  7. Fleksibel : Keseluruhan komponen silabus sanggup mengako-modasi keragaman akseptor didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh : Komponen silabus meliputi keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, Psikomotor) atu sesuai degan esensi mata pelajaran masing-masing.

F. KESIMPULAN
Ada beberapa kesimpulan yang mungkin sanggup diambil dalam artikel yang saya buat ini: 
  1. Silabus merupakan planning pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang meliputi Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
  2. Pada komponen yang terdapat dalam silabus harus lengkap dan saling berkaitan
  3. Secara umum proses pengembangan silabus terdiri atas delapan langkah utama sebagaimana tercantum dalam Buku Pedoman Umum Pengembangan Silabus 
G. SARAN
Tentunya saya menyadari bahwa apa yang ada dalam artikel ini masih sangatlah jauh dari kata sempurna, oleh alasannya ialah itu saya berharap kepada para pembaca dan penyimak makalah ini untuk bersedia menawarkan kritik ataupun saran yang sifatnya konstruktif untuk kemudian sanggup lebih memperbaiki lagi dalam penyusunan artikel serupa yang akan datang.

Sebagai ucapan terima kasih lantaran sudah membaca artikel ini hingga selesai, kami menawarkan teladan secara Gratis Silabus Mata Pelajaran PPKn Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download dibawah ini.

Untuk mendapat versi lengkapnya sanggup klik DISINI

Advertisement